Pemanfaatan Media Kartu Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Usia Dini

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3701

Abstract

Pengembangan literasi yang dilakukan sejak dini mempunyai dampak besar bagi kehidupan anak di kemudian hari, hal ini berhubungan dengan kesiapan anak untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas sehingga berdampak besar pada anak dalam mencapai pendidikannya. Hasil dari observasi awal yang dilaksanakan oleh peneliti di Sekolah TK Negeri Pembina Timika, menunjukkan bahwa anak cenderung sering tidak berada dalam kondisi alfa. Saat proses pembelajaran berhitung, kondisi di kelas cenderung tidak kondusif dan sulit menerima arahan dari guru. Selain itu, saat peneliti melakukan observasi di sekolah, peneliti melihat pada proses pembelajarannya anak masih kesulitan dalam mengenal angka, menghubungkan angka, kesulitan dalam operasi bilangan. Ditambah lagi, anak kurang tertarik dengan kegiatan mengenal angka dan berhitung. Anak selalu sibuk dengan dirinya sendiri ketika guru menjelaskan. Pada akhirnya, anak juga kurang mau tahu topik apa yang sedang dijelaskan oleh guru. Penelitiann inii memilikii tujuann untukk mengeksplorasi bagaimana perilaku anak serta bagaimana kemampuan literasi numerasi ketika pembelajaran dilakukan menggunakan bantuan media kartu bergambar. Jenis penelitiann yangg digunakann dalam studi ini adalah penelitian mix method dengan pendekatann deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, selain sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi numerasi, penggunaan kartu bergambar membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan, dapat menarik minat anak usia dini sehingga mereka menjadi lebih termotivasi untuk berproses literasi numerasi.

Published

2024-03-07

How to Cite

Pemanfaatan Media Kartu Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Usia Dini. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2831-2841. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3701