Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar X di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3709Abstract
Pendidikan bukan hanya sekedar pengajaran namun juga memberikan ilmu, nilai, dan membentuk kepribadian dari seluruh aspek kehidupan. Ketercapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada kecakapan dan kebijaksanaan kepala sekolah sebagai pemimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar X kemudian Untuk mengetahui bagaimana kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatan kinerja guru pada sekolah dasar X di kota Medan dengan metode survey. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap sekolah dasar X di kota Medan dan dilaksanakan pada November-Desember 2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar X dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana pengambilan sampel dengam pertimbangan tertentu yaitu guru yang bertanggung jawab serta jumlah guru dalam masing-masing kelas menjadi sampel yang berjumlah 6 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa keterampilan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar X dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan solusi dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar.