Rancang Bangun Epistemologi Islam Al-Jabiri dalam Kerangka Keilmuan Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Gondanglegi, Malang

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3710

Abstract

Kerangka keilmuan merupakan tonggak dan tolak ukur ideal dari gambaran sebuah lembaga pendidikan, pun juga pendidikan pesantren. Penelitian ini merupakan kajian mendalam terhadap kerangka keilmuan yang diterapkan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Gondanglegi, Malang, berlandaskan epistemologi islam yang dicanangkan oleh Abid al-Jabiri. Dengan pendekatan model penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan literatur keilmuan pendukung serta draf kurikulum pesantren yang bersangkutan, maupun melalui wawancara secara langsung. Dari penelitian yang dilakukan, mendapati temuan bahwa rancang bangun kerangka keilmuan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum terbilang variatif berdasarkan cakupan dan indikator dari masing-masing dimensinya. Yang paling menonjol dalam hal ini adalah dimensi bayani dan irfani dimana keduanya mendapatkan posisi yang sangat dominan dan strategis dibuktikan melalui banyak sekali rujukan literatur keilmuan yang koheren dengan keduanya. Sedangkan burhani hanya mendapat sedikit sekali porsi implementasi, hal ini pesantren sebagai sebuah wadah transmisi ilmu pengetahuan mengharuskan adanya penataan naskah kurikulum yang lebih terperinci dengan basis epistemik yang tertata secara sistematis di dalamnya.

Published

2024-03-07

How to Cite

Rancang Bangun Epistemologi Islam Al-Jabiri dalam Kerangka Keilmuan Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Gondanglegi, Malang. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2423-2434. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3710