Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtida’iyah

Authors

  • Mu’allim Wijaya Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3744

Abstract

Berdasarkan pengamatan oleh peneliti pada bulan September 2023 di lebaga MI Al-Islamiyah Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Para siswa dan siswi kelas V MI Al-Islamiyah mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab, hal ini terjadi karena pembelajaran Bahasa Arab di kelas yang pasif dan terkesan sulit serta  kurangnya semangat dari siswa dalam mempelajari Bahasa Arab, sehingga terdapat beberapa fenomena yang ditemukan diantaranya: rendahnya minat siswa untuk mempelajari Bahasa Arab dan rasa jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis oleh peneliti membutuhkan suatu bahan ajar dan metode penunjang yang interaktif dan inovatif guna mengatasi fenomena yang ditemukan. Berangkat dari fenomena yang peneliti amati, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode hypnoteaching dalam pembelajaran Bahasa Arab dan mengetahui apa factor penghambat dan pendukung dalam menerapkan metode hypnoteaching siswa kelas V MI AL Islamiyah Karanganyar Paiton. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yang mana pengumpulan datanya menggunakan cara wawancara kepada guru dan beberapa siswa, observasi dengan cara mengikuti pembelajaran dikelas dan dokumentasi lapangan. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengkaji metode hypnoteaching sebagai pembaruan dalam pembelajaran Bahasa Arab yang bertujuan untuk memudahkan dan menciptakan pembelajaran Bahasa Arab yang menyenangkan didalam kelas. Analisis datanya menggunakan teknik milles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil sementara pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan semangat belajar dan rasa ketertarikan dari siswa untuk belajar bahasa Arab.

Published

2024-03-20

How to Cite

Wijaya, M. ., & Rahmawati, R. (2024). Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtida’iyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3424-3433. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3744