Pengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Proses IPA Siswa di Kelas V

Authors

  • Putri Nur Permata Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Indah Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3755

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan pesera didik dalam proses belajar mengajar dan juga kurangnya pendidik untuk menggunaan media pembelajaran yang kreatif yang berbasis teknologi sehingga mengakibatkan kurangnya perolehan keterampilan proses dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh media vido animasi terhadap keterampilan proses IPA siswa kelas V SD Negeri 054949 Sei Meran Kec. Pangkalan Susu. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Adapun hasil nilai rata-rata dengan tidak menggunakan media pembelajaran 56 sedangkan siswa dengan menggunakan media vido animasi nilai rata-rata 76. Dari hasil pengujian hipotesis yang peneliti lakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media video animasi sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi. Berdasarkan pengujiannya diketahui bahwa hasil dari uji hipotesis dalam uji independent Simple t-test terlihat dari nilai Sig (2-tailed) yang diperoleh yaitu 0,000 <0,05dapat disimpulkan hipotesis diterima (Ha diterima Ho ditolak). Artinya setelah menggunakan media video animasi terdapat pengaruh terhadap keterampilan proses IPA siswa kelas V SD Negeri 054949 Sei Meran Pangkalan Susu.

Published

2024-03-14

How to Cite

Permata, P. N., & Pratiwi, I. . (2024). Pengaruh Media Video Animasi terhadap Keterampilan Proses IPA Siswa di Kelas V. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3170-3175. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3755