Media Pembelajaran Permainan Kartu Norma Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Boyolali

Authors

  • Dionisius Heckie Puspoko Jati Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Egi Des Fitria Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3779

Abstract

Melalui penggunaan kartu norma bergambar sebagai bahan ajar, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan tingkat keterlibatan siswa di kelas dan memperkuat pemahaman mereka tentang konsep inti norma dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Boyolali. Dua puluh siswa perempuan dan enam belas siswa laki-laki kelas X IPA 1 dijadikan sebagai subjek penelitian. Metodologi penelitian di kelas: penelitian tindakan kelas. Menggunakan sumber belajar kartu norma bergambar untuk membantu siswa memahami konten dengan lebih baik di kelas. Merupakan tanggung jawab setiap siswa untuk dapat mempelajari mata pelajaran yang telah dijelaskan. Agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan idenya sendiri, maka materi yang diperoleh dari guru tersebut kemudian diolah kembali bersama siswa. Penting bagi siswa untuk mampu menganalisis isi dan berbagai standar sehari-hari. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu norma bergambar dapat membantu siswa menjadi lebih mahir dalam konsep inti norma dalam kehidupan sehari-hari.

Published

2024-01-07

How to Cite

Jati, D. H. P. ., & Fitria, E. D. . (2024). Media Pembelajaran Permainan Kartu Norma Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Boyolali. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 785-791. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3779