Analisis Pelayanan Informasi Bagi Calon Jamaah Haji dalam Meningkatkan Penyelenggaraan Ibadah Haji di Kementrian Agama Kab. Wajo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3781Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas oleh peneliti. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pelayanan informasi dalam meningkatkan penyelenggaraan ibadah haji di Kemeterian Agama Kab. Wajo. (2) Mengetahui cara penyelesaian hambatan yang dihadapi petugas dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji di kantor Kementrian Agama Kab. Wajo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Penelitian diskriptif merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan dan memberikan informasi terhadap apa yang diteliti berdasarkan wawancara mendalam terhadap informan dengan metode khusus yang bertujuan memperoleh pemahaman mendalam. Pelayanan informasi dalam meningkatkan penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama Kab. Wajo menggunakan teori pertukaran sosial yang berkaitan dengan kepentingan dan kepuasan dua individu yang mendorong mereka melakukan hubungan interpersonal dimana dalam pelayanan informasi meningkatkan penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama Kab. Wajo penerapan komunikasi interpersonal menurut Devito memerhatikan 5 kualitas yakni keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Selain memerhatikan kulitas komunikasi interpersonal juga memerhatikan beberapa indikator pelayanan yang merupakan sikap dari pelayanan sepenuh hati.