Faktor Pendukung dan Pengambat Pola Komunikasi Organisasi untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan di CV Kreasi Pisang Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3782Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana pola komunikasi dalam mening-katkan motivasi kerja dan mencari tahu faktor pendukung serta hambatan pola komunikasi di CV Kreasi Pisang Indonesia. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif guna melihat dan mengungkapkan suatu keadaan dan objek dalam konteksnya, menemukan makna (meaning) atau pemahaman yang mendalam. Untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi CV Kreasi Pisang Indonesia dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan serta mencari tahu apa saja faktor pendukung dan hambatan, penentuan informan dalam penelitian ini berdasarkan posisi jabatan pengambil keputusan terbesar hingga para eksekutor kebijakan yang berjumlah 10 orang. Dalam organisasi ini, terdapat 4 tingkat jabatan yaitu tingkat korporat, tingkat divisi, tingkat departemen dan tingkat staf. Untuk mendapatkan pemahaman yang akurat mengenai peristiwa yang terjadi, metode Genba menjadi pendekatan yang diandalkan. Dalam kapasitasnya sebagai pengambil keputusan tertinggi, Informan RAA secara proaktif berusaha menghindari segala faktor yang dapat mengganggu kelancaran operasional organisasi. Metode Genba diimplementasikan dengan cermat dan dijalankan tanpa pengetahuan para karyawan.