Konsep Multikulturalisme dan Pluralisme dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3790Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji serta menganlisa mengenai multikulturalisme dan pluralisme dalam Pendidikan. Multikulturalisme dan pluralisme menjadi persoalan penting karena mempunyai andil dalam mengembangkan dunia pendidikan, khususnya pada pelaksanaannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kepustakaan (library research). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa multikulturalisme dan pluralisme dalam pendidikan meliputi, input, proses dan output yang dilakukan kepada peserta didik. Meliputi: 1) Gerakan pembaharuan Pendidikan, 2) proses Pendidikan (pembelajaran). Dengan harapan bahwa peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu mengembangkan literasi etnis dan budaya, perkembangan pribadi, kemampuan keterampilan dasar, memperkuat pribadi untuk reformasi sosial, memiliki wawasan kebangsaan/kenegaraan yang kokoh, memiliki wawasan hidup yang lintas budaya sebagai warga dunia dan hidup berdampingan secara damai.