Efektivitas Penggunaan Media Diorama pada Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.3796Abstract
Penggunaan media dalam pembelajaran menjadi penting karena dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan pencapaian hasil belajar peserta didik, salah satunya media diorama yang digunakan dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengaplikasian media diorama dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan narrative literature review yaitu melakukan studi literatur dengan menganalisis 11 artikel penelitian terkait penggunaan media diorama dalam pembelajaran tematik pada peserta didik. Artikel penelitian diambil dari beberapa database dengan kriteria antara lain: (1) Penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu 5 Tahun terakhir; (2) Penelitian dilakukan pada jenjang Sekolah Dasar (SD); (3) Artikel penelitian mengkaji tentang pengaplikasian media diorama di sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa penggunaan media diorama dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konten, dan keterampilan kognitif peserta didik. Selain itu, media diorama juga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional melalui kerja sama dalam kegiatan membuat diorama. Namun, juga ditemukan kelemahan dalam penggunaan media diorama dalam pembelajaran tematik, yaitu kesulitan dalam pengadaan dan pemeliharaan media diorama dan keterbatasan dalam variasi tema dan konten yang dapat diwakili oleh media ini.