Implementasi Standar Penjaminan Mutu Bidang Kesiswaan

Authors

  • Rosyid Rosyid Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Wahyudin Wahyudin Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Supendi Supendi Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ardani Achmad Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Asep Habib Idrus Alwi Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3799

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh gambaran dan menganalisis Implementasi Standar Penjaminan Mutu Bidang Kesiswaan di SMP Negeri 129 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Adapun dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Standar penerimaan peserta didik baru di SMP Negeri 129 Jakarta, harus memiliki kriteria calon sebagai berikut: (1) berkepribadian yang mantap, (2) keimanan yang kuat, (3) sehat jasmani dan rohani, (4) lulus tes psikolastik dengan nilai minimal 900. Prosedur seleksi penerimaan siswa baru dengan mengikuti alur sebagai berikut: (1) masa persiapan, (2) masa pendataran, (3) seleksi tulis, (4) pengumuman kelulusan, (5) tes kesehatan, dan persiapan masuk sekolah yang telah lulus dan telah memenuhi semua persayaratan. Pembinaan Kesiswaan di SMP Negeri 129 Jakarta dilaksanakan melaui pembinaan OSIS, Pembinaan Disiplin, dan pembinaan Unit Kerja Pelajar (UKP) Untuk mengoptimalkan potensi siswa agar tumbuh dan berkembang secara utuh dalam berbagai aspek kehidupannya, pembinaan kesiswaan di SMP Negeri 129 Jakarta bertujuan mengembangkan kemampuan intelektual, spritual, kemampuan seni, kepemimpinan, dan ketrampilan penunjang (soft skill) siswa SMP Negeri 129 Jakarta.

Published

2024-03-03

How to Cite

Rosyid, R., Wahyudin, W., Supendi, S., Achmad, A. ., & Alwi, A. H. I. . (2024). Implementasi Standar Penjaminan Mutu Bidang Kesiswaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2944-2951. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3799