Manajemen Standar Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3800Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh gambaran dan menganalisis Manajemen Standar Kualifikasi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Tanjung Priok 02 Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Adapun dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kegiatan persiapan rekrutmen tenaga pendidik di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Priok 02 Jakarta Utara (Guru) baru ini meliputi: 1) Pembentukan penanggung jawab rekrutmen tenaga pendidik (Guru) baru. 2) Pengkajian berbagai undang-undang atau peraturan pemerintah yang berkenaan dengan peraturan penerimaan guru, walaupun akhir-akhir ini telah ditetapkan sesuai dengan otonomi daerah. 3) Penetapan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon tenaga pendidik (Guru). 4) Penetapan prosedur pendaftaran calon tenaga pendidik (guru) sesuai ketetapan yang ada di lembaga. 5) Penetapan jadwal rekrutmen calon tenaga pendidik (Guru) agar tidak menghambat kegiatan yang lainnya. 6) mempersiapkan fasilitas yang diberlakukan dalam proses rekrutmen calon tenaga pendidik (Guru) seperti, format rekapitulasi calon tenaga pendidik (Guru), dan format rekapitulasi calon tenaga pendidik (guru) yang diterima.