Menelisik Strategi WA Blast terhadap Engagement FKTP untuk Rujukan Rawat Jalan ke RS X Bengkulu Utara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3811Abstract
Menelisik Strategi WA Blast terhadap Engagement FKTP untuk Rujukan Rawat Jalan ke RS X Bengkulu Utara
Rumah sakit X merupakan rumah sakit yang mengemban tugas perwujudan misi tanpa mengabaikan sisi bisnisnya demi keberlangsungan misi itu sendiri. Rumah Sakit sebagai sebuah entitas bisnis, perlu dikelola secara professional dengan memenuhi kaidah manajemen bisnis, namun tetap tunduk pada etika dan aturan profesi. Persaingan bisnis rumah sakit di era JKN (BPJS Kesehatan) justru semakin ketat sehingga dibutuhkan strategi pemasaran rumah sakit yang efektif dan efisien. Salah satu strategi adalah menerapkan pemasaran digital, termasuk didalamnya komunikasi digital, yakni WhatsApp (WA) Blast untuk menciptakan engagement dengan mitra jejaring rujukan. Penelitian deskriptif kualitatif ini mempelajari dari penggunaan WA Blast RS X sebagai komunikasi digital terhadap engagement mitra jejaring rujukan, yakni Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Penelitan ini dilakukan untuk menilai efektifitas WA Blast sebagai komponen digital marketing dalam hal rujukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan WA Blast memberikan pengaruh yang positif, yakni meningkatnya angka rujukan rawat jalan tingkat lanjut.