Penerapan Model Pembelajaran PjBL Berorientasi Tri Hita Karana pada Matakuliah Literal Reading
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3814Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan berorientasi THK dalam mata kuliah Literal Reading pada prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Bali. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi respon mahamahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan berorientasi THK dalam mata kuliah Literal Reading. Dalam pelaksanaanya 50 mahamahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris dilibatkan dalam pengimplementasian model tersebut. Nilai THK disisipkan pada masing-masing tahapan analisis teks naratif. Hal ini bertujuan agar mahamahasiswa bisa lebih kritis dalam melakukan analisis yang melibatkan 7 poin analisis teks naratif dan nilai karakter berbasis nilai THK pada pembuat proyek mata kuliah Literal Reading. Selain itu, mahamahasiswa merepon positif penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan berorientasi THK dalam mata kuliah Literal Reading. Sebagian besar merasa bahwa proyek yang dimuat lebih mudah karena nilai THK yang digunakan dalam analisis memiliki batasan yang jelas. Mahamahasiswa yang berasal dari luar Bali yang kebetulan memiliki kepercayaan selain Hindu pun dapat melihat dan memahami dengan baik ke-universalan nilai THK tersebut. Menurut mereka nilai THK dapat ditemukan pada teks naratif yang berasal dari luar Bali dan luar Negeri.