Analisis Bibliometrik: Perkembangan Konsep Teaching Factory dalam Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3822Abstract
Artikel ini menyajikan analisis bibliometrik yang mendalam terkait konsep Teaching Factory dalam pendidikan dari 1982 hingga 2023 dengan menggunakan database Scopus. Penelitian mengungkapkan fluktuasi dalam jumlah publikasi selama periode tersebut, menyoroti kompleksitas minat dan fokus riset dalam Teaching Factory. Tren kutipan menunjukkan tingkat penerimaan dan penggunaan riset ini dalam literatur ilmiah, dengan beberapa publikasi mencatat kutipan yang signifikan, menegaskan dampaknya dalam komunitas akademis. Analisis kolaborasi antar negara menggambarkan kerja sama global dalam pengembangan penelitian ini, mengindikasikan integrasi perspektif dan keahlian lintas batas negara. Fokus penelitian yang terbagi dalam empat kategori utama memberikan wawasan tentang tema yang ditekankan dalam studi Teaching Factory. Temuan ini memberi dasar untuk identifikasi area penelitian baru yang menarik serta memberikan saran untuk melanjutkan eksplorasi dalam bidang ini dengan mempertimbangkan inovasi dan kebaruan yang muncul dalam literatur ilmiah. Meskipun menggunakan database Scopus, penting untuk mengakui bahwa sumber data lain dapat memberikan pandangan yang lebih luas dalam penelitian mendatang.