Evaluasi Pembelajaran Tengah Semester pada Perguruan Tinggi Berbasis Quizizz

Authors

  • Iwan Sopwandin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Az Zahra Tasikmalaya, Indonesia
  • Fauzan Akmal Firdaus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Az Zahra Tasikmalaya, Indonesia
  • Dede Haryanto Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Az Zahra Tasikmalaya, Indonesia
  • Nova Nurhakim Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Az Zahra Tasikmalaya, Indonesia
  • Tatang Luqmanul Hakim Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Az Zahra Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3839

Abstract

Di era digital saat ini quizizz menjadi salah satu pilihan untuk melaksanakan evaluasi atau penilaian di perguruan tinggi saat ini. Selain mudah digunakan, aplikasi yang bersifat fun game ini juga memberikan suasana menyenangkan pada saat digunakan oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pemilihan sampling jenuh sebagai teknik pengambilan sampelnya. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan survey. Sedangkan data penelitian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) quizizz dapat digunakan untuk media evaluasi di perguruan tinggi; 2) beberapa tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan quizizz sebagai media evaluasi tengah semester diantaranya; a) sebanyak 67% atau 31 orang mahasiswa memiliki tingkat kepuasan tinggi dalam penggunaan quizizz; b) sebanyak 56,5% atau 26 mahasiswa memilih dan menyukai quizizz digunakan sebagai media evaluasi di era digital saat ini.

Published

2024-01-10

How to Cite

Sopwandin, I., Firdaus, F. A., Haryanto, D. ., Nurhakim, N. ., & Hakim, T. L. . (2024). Evaluasi Pembelajaran Tengah Semester pada Perguruan Tinggi Berbasis Quizizz. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 1005-1010. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3839