Implementasi Metode Al-Fatih dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorrof di Wilayah Al-Mawaddah, Pondok Pesantren Nurul Jadid

Authors

  • Rizka Nurlaili Romadhaniyah Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia
  • Sulton Firdaus Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3850

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang penting dipelajari terutama bagi pemeluk agama islam. Dengan hal ini ilmu Nahwu dan Ilmu Shorrof adalah salah satu penyokong dari bahasa arab, tidak jarang banyak metode yang muncul untuk mempermudah mempelajari kedua ilmu tersebut, salah satunya Metode Al-Fatih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Metode Al-Fatih serta kelebihan dan kekurangan dari Metode Al-Fatih dalam proses pembelajaran Ilmu Nahwu dan Ilmu Shorrof di Wilayah Al-Mawaddah, Pondok Pesantren Nurul Jadid. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deksriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, implementasi Metode Al-Fatih dengan cara mendidik peserta didik bisa dan lancar membaca kitab Safinah Annajah terlebih dahulu, baru diberikan materi Ilmu Nahwu melalui tahapan-tahapan yang ditentukan. Penelitian ini menunjukkan bahwasanya implementasi Metode Al-Fatih dalam proses pembelajaran Ilmu Nahwu dapat meningkatkan semangat dan kemahiran peserta didik di Wilayah Al-Mawaddah, Pondok Pesantren Nurul Jadid.

Published

2024-04-01

How to Cite

Romadhaniyah, R. N. ., & Firdaus, S. . (2024). Implementasi Metode Al-Fatih dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorrof di Wilayah Al-Mawaddah, Pondok Pesantren Nurul Jadid. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3478-3485. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3850