Pengembangan Media Light Box untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3864

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar melalui penerapan penggunaan media light box yang dapat meningkatkan Kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah yang dilakukan adalah potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain produk, revisi produk, dan uji coba Produk. Teknik pengumpulan data dengan observasi, menyebar angket, dan analisis dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk validasi media light box dari ahli media, ahli materi, dan pendidik professional PAUD. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian diperoleh validasi ahli materi sebesar 81,5% “sangat layak”, validasI ahli media sebesar 82% “sangat layak”, validasi pendidik professional diperoleh hasil persentase sebesar 94% “sangat layak”, dan respon uji coba media light box sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”. Dari hasil sebelum perlakuan (pretest) diperoleh persentase 42,22% dan pada posttest sebesar 77,78%. Berdasarkan uji N-Gain penelitian diperoleh sebesar 61,53. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media light box efektif dan layak untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak usia 4-5 tahun di TK Mutiara Bunda Bangkinang Kota.

Published

2024-01-12

How to Cite

Pengembangan Media Light Box untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 1029-1036. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3864