Penggunaan Alat Peraga Roda Putar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-20 bagi Siswa Autis Kelas IV di SLB YPAC Makassar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3868Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 siswa autis. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 melalui penggunaan alat peraga roda putar bagi siswa autis kelas IV”? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 siswa autis kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single subject research/SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 subjek AR sebelum diberikan perlakuan sangat kurang berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), 2) kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 subjek AR selama diberikan perlakuan mengalami peningatan dilihat dari analisis dalam kondisi Intervensi (B), 3) kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 subjek AR setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori baik dapat dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), 4) kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 subjek AR berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kondisi baseline 1 (A1) kemampuan siswa sangat kurang, menjadi meningkat pada kondisi selama diberikan perlakuan kondisi intervensi (B), dan kemampuan siswa turun dan kembali menjadi meningkat setelah diberikan perlakuan Baseline 2/A2.