Implementasi Contekstual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran Maharah al-Kalam Siswa Kelas X Azhari MA IT
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3876Abstract
Maharah al-Kalam merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam pembelajaran bahasa Arab, dalam pembelajaran Maharah al-Kalam siswa dituntut aktif untuk mengungkapkan hal-hal yang menggunakan bahasa arab, maka diperlukan metode yang memberikan penekanan secara aktif pada siswa, namun berbeda hal terjadi pada siswa kelas X Azhari Madrasah Aliyah Islam Terpadu Darul Fikri Sidoarjo, dalam penerapannya masih menggunakan metode qowaid wa al-tarjamah yang penekanannya hanya pada aspek membaca dan menerjemahkan. Akibatnya aspek Maharah al-Kalam cenderung terbaikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Arab dan beberapa siswa kelas X Azhari Madrasah Aliyah Islam Terpadu Darul Fikri Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi Contekstual Teaching Learning dan faktor-faktor pendukung serta penghambat implementasi Contekstual teaching learning dalam pembelajaran Maharah al-Kalam siswa kelas X Azhari Madrasah Aliyah Islam Terpadu Darul Fikri Sidoarjo. Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi Contekstual Teaching Learning (CTL) sudah sesuai dalam proses pembelajaran Maharah al-Kalam siswa kelas X Azhari Madrasah Aliyah Islam Terpadu Darul Fikri Sidoarjo. Faktor pendukung terdiri dari: pembelajaran berpusat pada siswa, dan fasilitas yang mendukung, adapun faktor penghambat terdiri dari dua yaitu: kemampuan bahasa Arab siswa tidak merata dan kurangnya pelatihan guru.