Peningkatan Kosakata Peserta Vorbereitungskurs (Kursus Persiapan) Onset Deutsch melalui Penerapan Metode Lesebaum di Yayasan Indonesia Jerman

Authors

  • Dwi Januar Mustika Sari Universitas Pattimura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3881

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Vorbereitungskurs (Kursus Persiapan) Yayasan Indonesia Jerman. Subyek penelitian ini adalah peserta Vorbereitungskurs (Kursus Persiapan). Onset Deutsch yang berjumlah 25 siswa (1 kelas). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Kegiatan pembelajaran ini menggunakan metode Lesebaum, dengan cara siswa menuliskan kata-kata yang sudah mereka ketahui dengan bermacam jenis kata-kata. Dalam satu siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: a) Perencanaan (Planning), b) Pelaksanaan (Acting), c) Pengamatan (Observing) dan d) Refleksi (Reflecting). Hasil Penelitian Tindakan Kelas yang didapat yaitu terjadinya peningkatan kosakata peserta Vorbereitungskurs (Kursus Persiapan) Onset Deutsch melalui penerapan metode Lesebaum. Hal tersebut dilihat dari rata-rata perolehan score siklus I sebesar 69,36 dan menjadi meningkat pada rata-rata perolehan score siklus II sebesar 78,4 sehingga terjadi peningkatan sebanyak 9,04 %.

Published

2024-04-01

How to Cite

Sari, D. J. M. . (2024). Peningkatan Kosakata Peserta Vorbereitungskurs (Kursus Persiapan) Onset Deutsch melalui Penerapan Metode Lesebaum di Yayasan Indonesia Jerman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3546-3551. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3881