Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kurikulum Integral Berbasis Tauhid (KIBT) di SD Integral Hidayatullah Depok

Authors

  • Siti Sarah Zakiyah Universitas Perguruan Tinggi Al Qur’an, Indonesia
  • Abd. Aziz Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur'an, Indonesia
  • EE. Junaedi Sastradiharja Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur'an, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3892

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menemukan peran Kurikulum Integral Berbasis Tauhid dalam pembentukan karakter peserta didik di tingkat sekolah dasar, mengetahui langkah-langkah implementasi kurikulum tersebut sehingga perannya dapat terlihat, serta menganalisa kelebihan dan kekurangan dari kurikulum tersebut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum Integral Berbasis Tauhid telah memberikan peran yang positif dalam pembentukan karakter peserta didik di SD Integral Hidayatullah. Langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka  menerapkan  Kurikulum  Integral  berbasis  Tauhid  sehingga  tampak perannya  pada  pembentukan  karakter meliputi:  mempersiapkan  guru  menjadi  teladan  melalui serangkaian program dan pendampingan, mengintegrasikan nilai tauhid dalam kegiatan belajar mengajar (persiapan, pelaksanaan, penilaian) yang dilakukan oleh  guru,  menanamkan  karakter  bernilai  tauhid  melalui  pembiasaan,  dan membangun kerjasama yang baik antara sekolah, orang tua, dan masyarakat.

Published

2024-01-17

How to Cite

Zakiyah, S. S. ., Aziz, A. ., & Sastradiharja, E. J. . (2024). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kurikulum Integral Berbasis Tauhid (KIBT) di SD Integral Hidayatullah Depok. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 1094-1104. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3892