Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kurikulum Integral Berbasis Tauhid (KIBT) di SD Integral Hidayatullah Depok
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3892Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menemukan peran Kurikulum Integral Berbasis Tauhid dalam pembentukan karakter peserta didik di tingkat sekolah dasar, mengetahui langkah-langkah implementasi kurikulum tersebut sehingga perannya dapat terlihat, serta menganalisa kelebihan dan kekurangan dari kurikulum tersebut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum Integral Berbasis Tauhid telah memberikan peran yang positif dalam pembentukan karakter peserta didik di SD Integral Hidayatullah. Langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka menerapkan Kurikulum Integral berbasis Tauhid sehingga tampak perannya pada pembentukan karakter meliputi: mempersiapkan guru menjadi teladan melalui serangkaian program dan pendampingan, mengintegrasikan nilai tauhid dalam kegiatan belajar mengajar (persiapan, pelaksanaan, penilaian) yang dilakukan oleh guru, menanamkan karakter bernilai tauhid melalui pembiasaan, dan membangun kerjasama yang baik antara sekolah, orang tua, dan masyarakat.