Profil Pemahaman Guru Sekolah Dasar Tentang Media Pembelajaran

Authors

  • Nur Azira Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3934

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru Sekolah Dasar tentang media pembelajaran. Pemahaman guru tentang media menjadi faktor utama untuk meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar di tingkat dasar. Pembelajaran menggunakan media mengharuskan guru untuk mampu memahami penggunaan media pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih efektif, dan interaktif sehingga menarik perhatian siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan metode survey. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri yang berada di Kecamatqan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 252 orang dengan jumlah sekolah sebanyak 22 sekolah. Sampel pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Informasi yang diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus Slovin adalah sebanyak 23 sampel. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan Profil Pemahaman Guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi memperoleh nilai, 65,2%, berkategori sangat baik, dengan sebaran data sebagai berikut: kategori tidak baik 0 orang (0%), kategori kurang baik 0 orang (0%), kategori baik 7 orang dengan nilai persentasei (30,4%) dan yang berkategori sangat baik 16 orang dengan nilai persentasei (69,5%). Jadi, lebih dari setengah guru Sekolah Dasar Negeri yang mengajar di Kecamatan Sentajo Raya sudah memahami penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.

Published

2024-04-04

How to Cite

Azira, N. ., & Ramadan, Z. H. . (2024). Profil Pemahaman Guru Sekolah Dasar Tentang Media Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 4163-4169. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3934