Analisis Dampak Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 018 Sorek Satu Kabupaten Pelalawan

Authors

  • Sofia Medri Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3935

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak aplikasi tik tok terhadap perilaku sosial siswa kelas IV SD Negeri 018 Sorek Satu Kabupaten Pelalawan. Perkembangan teknologi di era digital menyebabkan siswa kelas IV sekolah dasar (SD) lebih menganduringi aplikasi tik tok dari pada bersosialiasi di lingkungan nya.  Sehingga aktivitas bermain aplikasi tik tok memicu timbulnya dampak positif dan dampak negatif pada perilaku sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah 7 (Tujuh) orang, yang terdiri dari 3 (tiga) orang siswa kelas IV SD, 3 (tiga) orang wali murid serta 1 (satu) orang wali kelas SD Negeri 018 Sorek Satu Kabupaten Pelalawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi tik tok memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positif dari aplikasi tik tok ialah sebagai sarana penyampaian informasi, sebagai media hiburan, mempermudah anak-anak mendapat informasi baru, membantu mencari bahan pelajaran. Sedangkan dalpak negatif dari aplikasi tikto ialah konten yang bersifat kekerasan yang ditiru anak-anak, kurangnya waktu bersosialisasi, malas membantu orang tua, maraknya konten pornografi diaplikasi tiktok.

Published

2024-04-04

How to Cite

Medri, S. ., & Ramadan, Z. H. . (2024). Analisis Dampak Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 018 Sorek Satu Kabupaten Pelalawan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 4155-4162. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.3935