Upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan melalui Promosi Digital Marketing

Authors

  • Fitriana Aidnilla Sinambela Universitas Internasional Batam, Indonesia
  • Ika Suryono Djunaid Universitas Bunda Mulia, Indonesia
  • Renza Fahlevi Universitas Internasional Batam, Indonesia
  • Hera Oktadiana Institut Pariwisata Trisakti, Indonesia
  • Willy Arafah Institut Pariwisata Trisakti, Indonesia
  • Rahmat Ingkadijaya Institut Pariwisata Trisakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3951

Abstract

Teknologi digital meningkatkan pengalaman wisatawan dengan pengaplikasian Aplikasi seluler, realitas virtual dan teknologi wearable agar memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan panduan interaktif, informasi real-time dan pengalaman khusus yang meningkatkan daya tarik destinasi. Pengelola pariwisata dapat lebih mudah mencapai audiens yang lebih luas dan penggunaan platform digital seperti social media, e-commerce, digital marketing, internet banking dan e-wallet telah menjadi sarana penting dalam pemasaran jasa wisata. Provinsi  Kepulauan  Riau  membuat  program Wonderful  Riau  Islands untuk  menarik  wisatawan mancanegara  ke  Provinsi  Kepulauan  Riau  karena  tidak  dapat  di  pungkiri  bahwa  sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang terpenting  yang harus dimiliki oleh sebuah daerah untuk pendapatan mereka. Kabupaten Natuna merupakan bagian dari wilayah administrasi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang lazim digunakan untuk menjelaskan suatu fenomena secara mendetail melalui pengumpulan dan Analisa data yang sedalam – dalamnya. Penelitian ini berusaha untuk membahas pemasaran digital Marketing Natuna yang sudah dilakukan namun wisatawan belum maksimal karena terjadi permasalahan aksesibilas jangkauan ke Natuna harganya mahal, jaringan internet masih belum stabil dan akomodasi yan masih belum total.

Published

2024-03-07

How to Cite

Sinambela, F. A. ., Djunaid, I. S., Fahlevi, R. ., Oktadiana, H. ., Arafah, W. ., & Ingkadijaya, R. (2024). Upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan melalui Promosi Digital Marketing. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2616-2620. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3951