Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Social Influence, dan Facilitating Conditions terhadap Behavioral Intention Pengguna Contactless Card
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4040Abstract
Salah satu metode pembayaran cashless adalah dengan menggunakan contactless card, yaitu sebuah kartu pembayaran yang dilengkapi dengan teknologi nirkontak yang memfasilitasi transaksi keuangan tanpa memerlukan kontak fisik dengan terminal pembayaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara perceived usefulness, social influence, dan facilitating conditions terhadap behavioral intention pengguna contactless card. Data pada penelitian ini didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada para pengguna contactless card di wilayah Jabodetabek sejumlah 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS 3.0. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa (1) perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention, (2) social influence tidak berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention (3) facilitating conditions tidak berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention.