Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin melalui Media Jam Kedatangan Peserta Didik Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4064Abstract
Saat ini kedisplinan peserta didik masih banyak yang menurun. Fenomena tersebut disebabkan oleh kurangnya penanaman pendidikan karakter pada setiap peserta didik. Salah satu upaya penanaman pendidikan karakter disiplin kepada peserta didik dengan adanya media jam kedatangan peserta didik. Sehingga untuk mengetahui implementasi dari media tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman pendidikan karakter disiplin melalui media jam kedatangan peserta didik Kelas 4 SDN Pagerwojo Sidoarjo. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para pendidik bisa menanamkan karakter disiplin di dalam diri peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan naratif. Penelitian ini dilakukan di SDN Pagerwojo Sidoarjo dengan subjek penelitian empat peserta didik kelas 4, berdasarkan gender peserta didik (laki-laki dan perempuan) dan tingkat kemampuan peserta didik (tinggi dan rendah). Hasil dari penelitian ini menunjukkan penanaman pendidikan karakter disiplin melalui media jam kedatangan peserta didik kelas 4 di SDN Pagerwojo Sidoarjo belum terlaksana dengan optimal. Hal ini terlihat dari kesenjangan kesadaran peserta didik mengenai arti pentingnya kedisiplinan yang dapat diketahui dari beberapa aspek, yaitu 1) Beberapa peserta merasa biasa saja ketika terlambat masuk sekolah; 2) Sering berpindah tempat duduk; dan 3) Beberapa peserta didik merasa media jam kedatangan hanya untuk formalitas saja.