Pengaruh Penggunaan Metode Mengajar Bervariasi terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAS Al-Muslimun Sei Kijang Pelalawan

Authors

  • Khaliza Azzura Universitas Riau, Indonesia
  • Gimin Gimin Universitas Riau, Indonesia
  • Hardisem Syabrus Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4073

Abstract

Pengaruh Penggunaan Metode Mengajar Bervariasi terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAS Al-Muslimun Sei Kijang Pelalawan

Minat memiliki peran penting dalam proses belajar, dan kurangnya minat dapat mengakibatkan kinerja belajar yang tidak optimal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih teradapatnya siswa yang memiliki minat belajar yang rendah di SMAS Al-Muslimun Sei Kijang Pelalawan.  Oleh karena itu, penggunaan metode mengajar yang bervariasi merupakan salah satu alternatif yang efektif untuk merangsang minat belajar siswa dan mencapai hasil yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan metode mengajar yang bervariasi terhadap minat belajar siswa di SMAS Al-Muslimun Sei Kijang Pelalawan. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan metode pengajaran yang beragam terhadap minat belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan metode mengajar yang bervariasi terhadap minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi di SMAS Al-Muslimun Sei Kijang Pelalawan.

Published

2024-03-02

How to Cite

Azzura, K. ., Gimin, G., & Syabrus, H. . (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Mengajar Bervariasi terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAS Al-Muslimun Sei Kijang Pelalawan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2581-2587. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4073