Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran, Berbantuan Plickers dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4093

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video pembelajaran berbantuan plickers dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di UPT SMP Negeri 10 Tapung Kabupaten Kampar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII UPT SMP Negeri 10 Tapung, dengan sampel sebanyak 32 siswa kelas VII B UPT SMP Negeri 10 Tapung Kabupaten Kampar. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan angket motivasi belajar sebagai instrumen. Teknik analisis pada penelitian ini adalah, analisis deskriptif, uji prasyarat, uji –gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran, berbantuan plickers efektif meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di UPT SMP Negeri 10 Tapung Kabupatek Kampar. Analisis uji hipotesis dengan uji Paired Sample t test, menunjukkan bahwa hasil uji t dengan Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 dengan nilai signifikansi 0,05 dimana 0,000 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan, motivasi belajar siswa menggunakan media video pembelajaran berbantuan plickers dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang tidak menggunakan media video pembelajaran berbantuan plickers di UPT SMP Negeri 10 Tapung Kabupaten Kampar. Peneliti menyimpulkan bahwa media video pembelajaran, berbantuan plickers efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), di UPT SMP Negeri 10 Tapung Kabupaten Kampar.

Published

2024-03-08

How to Cite

Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran, Berbantuan Plickers dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3042-3052. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4093