Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas VII MTsN 2 Siak
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4095Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII MTsN 2 Siak dalam menulis teks prosedur kompleks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena data yang disajikan pada penelitian ini dalam bentuk angka-angka. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menulis teks prosedur jenis kompleks yang terdiri atas banyak langkah-langkah pembuatan dengan sub langkah pada setiap langkahnya. Pada instrumen tes yang digunakan peneliti menyediakan satu judul kemudian siswa dipersilahkan untuk menulis teks prosedur kompleks berdasarkan judul yang ditetapkan. Siswa diminta untuk membuat teks prosedur kompleks dengan memperhatikan aspek penilaian yang ada yaitu struktur teks dan kaidah penulisan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu berapakah tingkat kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas VII MTsN 2 Siak? Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas VII MTsN 2 Siak tergolong sedang. Hal tersebut diketahui setelah melakukan pengujian menggunakan uji normalitas lilliefors dan uji t satu sampel dengan rata-rata 73,32.