Implementasi Kebijakan Pengelolaan Pondok Pesantren Tradisional Menjadi Pendidikan Islam Muadallah di Pondok Pesantren Terpadu Internasional Asy-Syifa Wal Mahmuudiyyah Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4098Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, bagaimana implementasi kebijakan Pendidikan muadallah di Pondok Pesantren Islam Internasional Asy-Syifa Walmahmuudiyyah Sumedang. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, adapun metode yang dipakai adalah metode deskriptif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Library Research atau penelitian kepustakaan dan Studi Lapangan. Sumber data yang diperoleh peneliti berasal dari data primer dan data sekunder berupa data dari lapangan, buku, karya tulis ilmiah dan hasil wawancara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan yaitu content analysis atau analisis isi. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa Implementasi penerapan kebijakan Pondok Pesantren ini menjadi konsep Pendidikan Muadallah Pondok Pesantren Islam Internasional Terpadu Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah bisa terkategori suksees, meski ada beberapa hal evaluasi yang harus ditingkatkan, karena Pondok Pesantren ini dirancang sebagai Pesantren unggulan yang mempelopori penerapan pendidikan terpadu, berorientasi pada masa depan untuk mewujudkan generasi berkarakter Islami yang didambakan umat. Untuk wilayah Jawa Barat, Pesantren ini menjadi model pendidikan Islam terpadu yang pertama. Dengan menerapkan konsep full day system, Pesantren ini akan lebih leluasa dalam pengembangan kurikulumnya, sebagai-mana juga diterapkan oleh berbagai pendidikan International lainnya. Tujuan dan Program Pendidikan Islam di Pesantren Islam Internasional Asy-Syifa Walmahmuudiyyah Sumedang.