Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren dan Madrasah Aliyah pada Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam di Alwasilah Lilhasanah Islamic Boarding School

Authors

  • Muh. Hasan Marwiji Institut Madani Nusantara Sukabumi, Indonesia
  • Wahyudin Wahyudin STAI Haji Agus Salim Cikarang, Indonesia
  • Joko Setiono UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Bambang Qomaruzzaman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Qiqi Yuliati Zaqiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4100

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis integrasi kurikulum pondok pesantren dan madrasah aliyah di Alwasilah lilhasanah Islamic boarding school. diharapkan dapat memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan agama Islam yang holistik dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di era kontemporer. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif agar mampu menemukan dan menganalisi deskripsi mengani objek yang sednag diteliti. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa integrasi kurikulum tersebut dilakukan yaitu  melalui mata pelajaran yang di integrasikan secara konten antara di pondok pesantren dan di Madrasah aliyah misalnya pembelajaran di Madrasah itu menggunakan kitab kuning tidak lagi menggunakan buku paket dari kementerian namun secara konten tetap mengambil dari kurikulum madrasah. Selain itu juga kegiatan 24 jam semuanya terintegrasi antara madrasah dan pondok pesantren, kemudian melalui kegiatan ekstrakurikuler muhadoroh, debat agama, dan kegiatan sains. selanjiutnya melalui pelajaran umum seperti bahasa arab dibantu dengan belajar metode baca kitab kuning amstilati, begitu juga bahasa inggris tidak hanya dipelajari di madrasah, tetapi dipelajari dan dipraktekan juga di pondok pesantren.

Published

2024-03-02

How to Cite

Marwiji, M. H. ., Wahyudin, W., Setiono, J. ., Qomaruzzaman, B. ., & Zaqiah, Q. Y. . (2024). Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren dan Madrasah Aliyah pada Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam di Alwasilah Lilhasanah Islamic Boarding School. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2528-2535. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4100