Implementasi Pembelajaran Berdifferensiasi di SMPN 4 Ciconpet Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4106Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada penyesuaian pembelajaran berdasarkan kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa. Pendekatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan belajar siswa yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik dan instrument observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Cisompet Kabupaten Garut. Subjek penelitian adalah para guru mata pelajaran yang berjumlah 11 orang yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi serta 8 orang perwakilan siswa yang diambil satu orang dari setiap kelas yang mengikuti pembelajaran berdifferensiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tersebut sebagian telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, walaupun belum optimal. Guru tersebut telah memahami konsep dasar pembelajaran berdifferensiasi, prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi dan telah mengembangkan strategi pembelajaran yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa. Namun didalam pelaksanaanya terdapat faktor-faktor yang menjadi kendala, utamanya terkait dengan ketersediaan sarana prasarana yang masih perlu ditingkatkan.