Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Pelajar Ma’had Al-Zaytun
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4107Abstract
Ma’had Al-Zaytun merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berbasis Pesantren. Pesantren sebagai sarana pendidikan dalam membentuk karakter santri selalu diidentikan dengan fasilitas asrama (Boarding School). Pendidikan karakter di sekolah sangat mempengaruhi kualitas seorang pelajar. Pendidikan karakter yang baik akan tercermin dalam keseharian seseorang saat bergaul terhadap teman, guru, orang tua, dan lingkunganya serta mampu untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ditemui di masyarakat. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data berdasarkan hasil pengamatan, dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana urgensi pendidikan karakter bagi pelajar di Mahad Al-Zaytun. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter adalah suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan nilai-nilai, moralitas, dan perilaku positif dalam diri individu. Tujuannya adalah untuk membentuk pribadi yang baik, berakhlak mulia, dan berbudaya, yang mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.