Peran Ma’had Al-Zaytun dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 8 Tahun 2015

Authors

  • Abdur Rahim Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Nur Alimatul Zahro Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • M. Baldan Al-Kautsar Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Wiwin Saputra Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Muthia Nabilah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4108

Abstract

Pendidikan karakter adalah sebuah sistem yang menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, yang mengandung komponen pengetahuan, kesadaran individu, tekat, serta adanya kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode studi pustaka. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa pendidikan karakter di Ma'had Al-Zaytun telah membentuk peserta didik dengan karakter yang kuat dan bermanfaat bagi agama, bangsa, dan negara. Hal ini mencerminkan keberhasilan dalam menerapkan pendidikan karakter yang efektif dalam konteks lembaga pendidikan tersebut. Pendekatan ini memiliki dampak positif dalam membentuk individu yang berkomitmen pada nilai-nilai luhur dan etika, serta mampu berperan aktif dalam masyarakat. Pembentukan pendidikan karakter di Ma’had Al-Zaytun telah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Indramayu Nomor 8 Tahun 2015.

Published

2024-03-07

How to Cite

Rahim, A., Zahro, N. A. ., Al-Kautsar, M. B. ., Saputra, W. ., & Nabilah, M. . (2024). Peran Ma’had Al-Zaytun dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 8 Tahun 2015. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2872-2877. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4108