Pengaruh Transformational Leadership Kepala Sekolah, Organizational Culture dan Organizational Commitment terhadap Teacher Performance di SMP XYZ Wilayah Jakarta

Authors

  • Bernardus Boli Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4148

Abstract

Keberhasilan sebuah organsiasi terindikasi melalui keberhasilan dalam mengelolah sumber daya, baik dalam hal kepemimpinannya, budaya kerja maupun komitmen yang akan dibangun untuk setiap yang bekerja di dalamnya. Dalam lembaga pendidikan, guru menjadi figur terdepan dalam mengelaborasi berbagai layanan melalui kinerjanya. Kinerja guru yang baik dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kepemimpinan kepala sekolah, budaya yang berkembang dalam organisasi, dan komitmen organisasi dalam melaksanakan kebijakannya. Penelitian dalam tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya organisasi maupun komitmen organisasi terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jumlah responden sebanyal 85 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru  termasuk dalam kategori yang cukup bagus, dimana kepemimpinan transformasional kepala sekolah maupun budaya organisasi tidak secara signfikan atau langsung berpengaruh pada kinerja guru, sedangkan komitmen organisasi justeru memberikan pengaruh yang kuat pada performansi guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) XYZ wilayah Jakarta.

Published

2024-04-03

How to Cite

Boli, B. (2024). Pengaruh Transformational Leadership Kepala Sekolah, Organizational Culture dan Organizational Commitment terhadap Teacher Performance di SMP XYZ Wilayah Jakarta . JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3954-3962. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4148