Implementasi Teknik Peer Review pada Proses Pembelajaran Essay Writing

Authors

  • Tri Kurniawati IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Ageung Darajat IKIP PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor implementasi peer review pada mata kuliah essay writing dimana partisipannya adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah essay writing semester genap tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik observasi langsung dengan alat pedoman observasi. Berikutnya adalah Teknik pengukuran dengan alat tes. Analisis data yang bersumber dari pedoman observasi dilakukan dengan menghitung nilai persentase. Sedangkan data yang bersumber dari tes dianalisis dengan menghitung skor individu dan nilai mean. Dari hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pada siklus I kemampuan menulis mahasiswa meningkat yaitu 72 kategori cukup dengan kenaikan peningkatan sebesar 70%. Kemudian pada siklus II meningkat lebih baik menjadi 78.91 dengan kategori baik dan kenaikan peningkatan 94%. Sedangkan aktifitas belajar mahasiswa meningkat yang ditunjukan dengan motivasi, kreatif, dan berfikir kritis pada siklus I yang rata-rata masuk kategori Cukup meningkat pada siklus II dengan kategori Baik.

Published

2024-04-03

How to Cite

Kurniawati, T., & Darajat , A. . (2024). Implementasi Teknik Peer Review pada Proses Pembelajaran Essay Writing. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3844-4851. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4151