Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Bermedia Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Materi Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 44 Cakranegara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4160Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model pembelajaran Mind Mapping bermedia geogebra untuk meningkatkan kemampuan numerasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 44 Cakranegara. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest - Posttest Design. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data hasil belajar dianalisis dengan uji t sedangkan untuk menghitung keefektifan model mind mapping bermedia geogebra untuk meningkatkan kemampuan numerasi pada materi bangun ruang menggunakan uji N-Gain (normal gain). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan numerasi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran mind mapping bermedia geogebra lebih besar dibanding dengan kemampuan numerasi yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil analisi data di atas diperoleh hasil r hitung = 0,992 dan r tabel = 0,514. Menurut rumus jika r hitung > dari r tabel maka dikatakan variabel x dan y berkorelasi dengan korelasi tinggi pada signifikansi 5% pada distribusi tabel statistik. Variabel bebas x berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel y yaitu berada pada tingkat 0,80 < r < 1,00 dan dikategorikan memiliki realibilitas sangat tinggi Diketahui jika rhitung > r tabel yakni 0,992>0,514 maka instrumen dinyatakan valid dan reliabel dengan signifikansi 5%. Begitu juga dengan uji signifikansi korelasi diperoleh t tabel = 1,753 dan t hitung = 2,591, jika t hitung >t tabel maka artinya hipotesis alternatif diterima.