Analisis Kurikulum Merdeka PAUD Bermuatan Kearifan Lokal Waran (Cerita Rakyat) Lombok Utara

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4161

Abstract

Analisis Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini Bermuatan Kearifan Lokal Waran (Cerita Rakyat) Lombok Utara. Penelitian ini fokus pada pengembangan panduan Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan (KOSP) untuk paud yang diintegrasikan dengan muatan kearifan lokal Lombok Utara yaitu Waran atau cerita rakyat yang ada di Kabupaten Lombok Utara.Waran ini disajikan dalam bentuk buku komik dan film komik waran bergambar. Proses penelitian pengembangan ini melibatkan kolaborasi dengan pendidik PAUD, dosen, mahasiswa dan Yayasan Pasir Putih sebagai tim produksi buku komik dan film komik yang tertuang dalam tahapan kegiatan. Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan (KOSP) untuk PAUD adalah kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik satuan PAUD. Pengembangan panduan KOSP untuk PAUD ini dilakukan menggunakan rangkaian penelitian pengembangan dari Plomp yang ditempuh melalui empat tahapan. Tahapan penelitian ini yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap mengkonstruk dan tahap evaluasi. Hasil produk penelitian berupa panduan kurikulum oprasional satuan pendidikan untuk PAUD bermuatan kearifan lokal waran yang telah diuji validasi dari ahli media dan materi menunjukkan bahwa desain panduan layak untuk digunakan. Uji coba skala kecil yang menunjukkan bahwa panduan yang dikembangkan layak digunakan dengan prosentase 51%. Uji coba skala besar mendapatkan hasil sebersar 83% yang diartikan panduan dapat digunakan guru PAUD sebagai acuan dalam menciptkan kegiatan pembelajaran yang bernuanasa kearifan lokal waran.

Published

2024-03-09

How to Cite

Analisis Kurikulum Merdeka PAUD Bermuatan Kearifan Lokal Waran (Cerita Rakyat) Lombok Utara. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3090-3100. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4161