Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Guru di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4172Abstract
Maksud dari penelitian ini adalah untuk memahami upaya yang diambil oleh kepala sekolah dalam meningkatkan semangat dan kinerja para guru. Kepala sekolah dianggap sebagai pemimpin kunci yang memainkan peran vital dalam pengembangan sekolah. Melalui kepemimpinan yang visioner dan strategis, mereka memiliki tanggung jawab untuk membimbing seluruh komunitas sekolah, khususnya sumber daya manusia pendidikan menuju pencapaian tujuan pendidikan, dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dalam pembelajaran. Melalui metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Letkole dengan mengeksplorasi upaya yang diambil oleh kepala sekolah untuk meningkatkan semangat dan kinerja guru, hambatan yang dihadapi, dan strategi untuk mengatasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan dalam mengarahkan guru untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan, menyediakan anggaran untuk pengembangan kompetensi, memberikan nasihat, dan bimbingan Hambatan seperti rendahnya honor guru, keterbatasan dana, dan kurangnya perhatian kepala sekolah diidentifikasi, dengan usaha pemecahan melalui pendekatan disiplin, penyelenggaraan seminar, dan pemeberian apresiasi/reward. Penelitian ini memberikan gambaran holistik tentang peran penting kepala sekolah dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di SD Inpres Letkole.