Pengembangan LKS berbasis CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD

Authors

  • Aisatuz Zurro STKIP PGRI Sidoarjo, Indonesia
  • Anggralita Sandra Dewi STKIP PGRI Sidoarjo, Indonesia
  • M. Khusni Mubarok STKIP PGRI Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS berbasis CTL serta hasil pembelajaran siswa sesudah menggunakan LKS berbasis CTL. Jenis penelitian ini Research and Development/RND. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III-A yang terdiri dari 15 perempuan serta 15 laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu 1) uji validasi ahli materi, media, dan soal untuk mengetahui kelayakan sebuah media 2) uji realibilitas&validitas tes untuk mengamati valid atau tidaknya soal tes 3) uji N-Gain  untuk mengetahui hasil pembelajaran yang telah dicapai siswa. Hasil dari validasi ahli media memperoleh skor 90% dan dinyatakan sangat setuju, sedangkan hasil dari validasi ahli materi memperoleh skor 88,5% layak dan sangat setuju. Perolehan validasi soal mendapati 91,4% dengan kriteria sangat setuju dan layak digunakan siswa. Hasil uji validitas dan reliabel dengan nilai alpha cronbach >0,5 yaitu 0,700 pada soal uraian dan 0,738 pada soal pilihan ganda. Hasil dari uji N-gain mengalami peningkatan dan nilai rata-rata pretest 64,66 dan postest 81,40 sehingga hasil nilai N-Gain 0,47 dengan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis CTL layak digunakan pada proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas III SD.

Published

2024-03-07

How to Cite

Zurro, A. ., Dewi, A. S. ., & Mubarok, M. K. . (2024). Pengembangan LKS berbasis CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2824-2830. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4173