Pengaruh Sertifikasi terhadap Kompetensi Sosial Guru SDN Se-Kecamatan Cikupa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.418Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengenali serta menganalisis pengaruh sertifikasi guru terhadap kompetensi sosial guru SDN Se-Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilakukan di Sekolah yang terakreditasi A di kecamatan Cikupa, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 yaitu bulan Maret, waktu penelitian dijadwalkan dengan lima tahap kegiatan dimulai dari studi pendahuluan pada bulan Maret sampai kegiatan terakhir berlangsung hingga selesai. Metode yang akan digunakan ialah metode kuesioner/survey, data yang diperoleh kemudian akan diolah dan dianalisis lebih lanjut untuk mendapatkan kesimpulan, analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan metode statistic, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi berpengaruh terhadap kompetensi sosial, hal ini terkait pengaruh sertifikasi terhadap kompetensi sosial sebesar 13.6% dan sedangkan sisanya 86.4% dari konstribusi variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.