Pengembangan E-Modul FlipHTML5 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV

Authors

  • Fira Rahmah Afida Universitas PGRI Delta, Indonesia
  • Eni Nurhayati Universitas PGRI Delta, Indonesia
  • Galuh Kartika Dewi Universitas PGRI Delta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4183

Abstract

Berdasarkan observasi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Modong, ditemukan hasil belajar siswa yang rendah atau belum mencapai KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran). Beberapa penyebabnya karena keaktifan siswa masih minim dan seringnya penggunaan buku teks tanpa diikuti penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media e-modul flipHTML5, meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Kelas IV pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research & Development) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analys, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian yaitu 28 siswa kelas IV SD Negeri Modong. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, uji validasi ahli materi dan media. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa media e-modul flipHTML5 dianggap sangat baik atau layak diaplikasikan pada pembelajaran dan dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa Kelas IV dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil analisis persentase validasi ahli media yakni 80% dikategori “sangat baik” dan hasil analisis validasi ahli pada materi yakni 86% “sangat baik”. Analisis hasil observasi keaktifan siswa selama pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan e-modul flipHTML5 mendapat persentase sebesar 80% (tinggi). Nilai ketuntasan belajar secara klasikal pada nilai pre test mendapat persentase sebesar 36% (kurang) dengan nilai rata-rata 62 sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada nilai post test mendapat persentase 85% (baik sekali) dengan nilai rata-rata 80.

Published

2024-03-13

How to Cite

Afida, F. R., Nurhayati , E. ., & Dewi, G. K. . (2024). Pengembangan E-Modul FlipHTML5 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3256-3263. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4183