Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Fase Mandiri Belajar di SMK Swasta (Tinjauan Teknis Analisis)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4185Abstract
Tujuan penelitian ini menggali; (1) Langkah SMK menyusun kebijakan untuk persiapan implementasi Kurikulum merdeka (IKM). (2) Pemahaman guru kepada kebijakan kurikulum merdeka. (3) Gambaran pemahaman guru kepada karakteristik peserta didiknya. (4) Kemampuan guru menyusun perangkat pembelajaran merdeka. (5) Strategi Guru menyiapkan pembelajaran abad 21, (6) Desain asesmen pembelajaran Sumatif, formatif dan diagnostik, (7) Menyiapkan Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian ini merupakan jenis deskriptif dengan menggunakan pendektan Mix Methods, pendekatan kualitatif menggunakan teknik wawancara dan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik survey. Hasil penelitian (1) Langkah analisis kebijakan satuan pendidikan tiga (3) guru bersertifikasi pendidik, masa kerja 15 tahun keatas. Sebanyak 11 guru belum bersertifkat pendidik dengan masa kerjakurang dari 8 tahun. (2) Pemahaman guru kepada kebijakan kurikulum merdeka diperoleh skor rata-rata 32,2 dengan skor terendah 30 dan tertinggi 34 skor maksimal 56, setara 60,71 % (3). Gambaran pemahaman guru kepada karakteristik peserta didiknya, diperolah skor 120 dari skr maksimal 156 dengan presentasi skor 71,43 (4) Kemampuan menyusun perangkat pembelajaran diperoleh skor 30 terendah tertinggi 34 dari skor maksmimal 56.capaian tertinggi 34 setra 60,71% (5) Strategi menyiapkan pembelajaran abad 21, dengan skor terendah 31 dan tertinggi 37 dari skor maksimal 56,capaian skor tertinggi setara 66,07% (6) Desain asesmen formatif, sumatif dan diagnostic, skor terendah 31 setara 55,35%, tertinggi 38 dengan skor maksimal 56 setara 67,85%, perolehan tertinggi (7) Menyiapkan Penguatan Proyek Profil Pelajar (P-5) skor terendah 28 tertinggi 35 dari skor maksimal 56 dan serata capaian skor 62,5%. Kesimpulan persiapan IKM di SMK Swasta menggambarkan terbatasmya usaha Kepala SMK swsta dan para pendidik, dari ketjuh aspek skor yang diperoleh berkisar 55 -70 ini kategori level bawah.