Penelaahan Kurikulum Bimbingan dan Konseling pada 3 Universitas di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4186Abstract
Penelitian ini meneliti kurikulum program studi Bimbingan dan Konseling di tiga universitas di Indonesia: UNJ, UPI, dan UNP. Kurikulum sangat penting karena membentuk keterampilan dan pengetahuan para pembimbing masa depan. Penelitian dilakukan melalui studi literatur dengan meninjau buku panduan akademik dari masing-masing universitas. Temuan menunjukkan adanya kesamaan dan perbedaan dalam struktur kurikulum dan jumlah kredit yang diperlukan oleh mahasiswa. Mata kuliah inti dari program studi juga ditonjolkan sebagai elemen penting untuk memenuhi kompetensi lulusan. Kurikulum tersebut beragam dan harus sesuai dengan visi dan misi program Bimbingan dan Konseling di setiap universitas. Perbedaan dalam kurikulum di antara universitas didasarkan pada kondisi lingkungan lokal dan kebutuhan masyarakat, memastikan bahwa lulusan dapat sepenuhnya terintegrasi ke dalam tenaga kerja dan siap terlibat dalam bidang tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi yang berlaku.