PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMEN PADA SISWA KELAS X (IPA-I) SMAN 2 DOMPU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMEN

Authors

  • Redaksi JIIP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Belajar Bahasa Indonesia Mlalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Games Tournamen Pada siswa kelas X 9(IPA-I)  SMAN 2 Dompu tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian menggunakan  penelitian kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapain secara maksimal.  Dalam penelitian tindakan ini menggunakan guru sebagai peneliti, penanggung jawab penuh dan tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SMAN 2 Dompu yang  dilaksanakan pada bulan September s.d Oktober semester I tahun ajaran 2018/2019,  sedangkan yang menjadi subjek pada penelitian adalah siswa kelas X (IPA-I) SMAN 2 Dompu tahun Ajaran 2018/2019 pada pokok bahasan “Menulis Laporan Dengan Bahasa Yang Baik Dan Benar”. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), dan siklus III (89,29%).

Published

2019-03-11

How to Cite

JIIP, R. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMEN PADA SISWA KELAS X (IPA-I) SMAN 2 DOMPU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMEN. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 182-188. Retrieved from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/41