Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Madrasah Aliyah Negeri 3 Karawang

Authors

  • Cecep Cecep 1Kementerian Agama Kabupaten Karawang, Indonesia
  • Sutarna Sutarna MAN 3 Karawang, Indonesia
  • Husen Saeful Insan Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Rahman Tanjung BKPSDM Kabupaten Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.421

Keywords:

Kepala Sekolah; Manajemen Berbasis Sekolah.

Abstract

Manajemen berbasis sekolah merupakan salah satu model manajemen yang memberikan kewenangan yang luas kepada sekolah untuk pengelolaan sekolah sesuai dengan potensi, tuntutan, dan kebutuhan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen berbasis sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Karawang Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala, guru, dan komite sekolah. Teknik analisis data dilakukan melalui 3 alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifi kasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi mananajemen berbasis sekolah oleh kepala sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Karawang telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebijakan, perencanaan, dan pelaksanaan. disamping itu kepala sekolah selalu mencari solusi dalam tiap permasalahan dalam menjalankan Manajemen berbasis sekolah (MBS).

Published

2022-01-20

How to Cite

Cecep, C., Sutarna, S., Insan, H. . S., & Tanjung, R. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Madrasah Aliyah Negeri 3 Karawang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 349-356. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.421

Most read articles by the same author(s)