Modal Usaha dan Pengembangan Bisnis Milik Siswa (Studi Kasus Sekolah Vokasi)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4240Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran modal usaha dalam pengembangan bisnis siswa. Kemudian penelitian ini bertujuan melihat dampak modal usaha terhadap pengembangan bisnis tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan data yang relevan, penelitian ini menggunakan studi kasus pada sekolah vokasi. Key informant pada penelitian ini selain siswa pemilik usaha, adalah guru pendamping, dan manajemen sekolah. Analisis data menggunakan teknik pattern matching. Terdapat dua kemungkinanan pada teknik ini, yaitu literature replication, dan theoretical replication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran modal usaha dalam pengembangan bisnis siswa dan dampak modal usaha terhadap pengembangan bisnis siswa. Peran modal adalah sebagai modal kerja untuk membuka usaha baru, sebagai biaya operasional yang mencakup peralatan, bahan produksi, transportasi, hingga biaya pembuatan toko dan lain sebagainya. Dampak yang ditimbulkan adalah siswa dapat membuka usaha baru sebagai usaha tambahan, dan ruang lingkup pasar menjadi luas sehingga menambah pendapatan.