Analisis Standar Kompetensi Lulusan dan Standart Isi Matematika pada Kurikulum Merdeka di Tingkat SMP
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4265Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standar kompetensi lulusan (SKL) dan standar isi (SI) dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama, dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) No 05 Tahun 2022 tentang SKL dan Permendikbudristek No 7 Tahun 2022 tentang SI. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, dengan menganalisis isi dokumen terkait. Pendekatan ini memberikan manfaat besar bagi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran matematika, karena harus disesuaikan dengan standar yang berlaku. Keberhasilan dan kesesuaian antara SKL dan SI dapat dievaluasi pada setiap jenjang studi, termasuk di sekolah menengah pertama, dan dalam program-program pengajaran. Oleh karena itu, diperlukan pemantauan, peninjauan, dan evaluasi yang progresif dan berkesinambungan. Kegiatan monitoring dan evaluasi ini menjadi panduan untuk memperbaiki SKL dan SI di masa mendatang, sehingga pembelajaran matematika dapat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan terus berkembang menuju peningkatan kualitas yang lebih baik.