Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan pada Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4283Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan Perencanaan, kegiatan Pelaksanaan, kegiatan evaluasi dan tindak lanjut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan pada Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas V SDN 160/IX Simpang Tuan. Penelitian ini dilakukan di SDN 160/IX Simpang Tuan pada tanggal 25 Oktober sampai 22 Desember 2023. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini ada 1 kepala sekolah, 1 guru kelas V, dan 5 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan sudah cukup baik yaitu terdapat beberapa perencanaan adalah membentuk tim pelaksana projek. Mengidentifikasi tahapan kesiapan sekolah dalam menjalankan projek. Menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu projek. Menyusun modul projek. Mengembangkan topik, alur aktivitas, dan asesmen Projek. Pelaksanaan P5 Tema Kewirausahaan sudah berjalan cukup baik dengan puncak perayaannya mengadakan bazar di sekolah, terdapat beberpa langkah dalam pelaksanaan projek p5 yaitu mengawali, mengoptimalkan pelaksanaan, menutup, dan keterlibatan sekolah pada kegiatan projek. Evaluasi dan tindak lanjut P5 Tema Kewirausahaan ialah dengan meningkatkan jiwa berwirausaha karena siswa diajarkan untuk membuat produk yang memiliki nilai jual.